Masjid Terbesar Di Brebes

By | January 30, 2018

Masjid Terbesar Di Brebes

Masjid Terbesar Di Brebes

Masjid agung brebes merupakan salah satu bangunan masjid tertua di wilayah pantura kota brebes kabupaten brebes yang didirikan pada tahun 1836 yang didirikan tahun sebelum 436 pada masa pemerintahan bupati raden adipati arya singasari panatayuda 1 atau kyai suara yang bangunan aslinya dari aspek jawa kuno dengan kubah berbentuk limas terletak di jalan ustad abas nomor 1 brebes jawa tengah.

Sejarah Masjid Dikota Brebes

sebelah barat alun-alun kota brebes di. di samping fungsi utamanya sebagai tempat salat tempat lokasi masjid yang strategis di jalan pantura sering digunakan juga untuk tempat beristirahat bagi masyarakat yang melintas baik dari arah barat jakarta atau cirebon maupun dari arah timur semarang atau surabaya. pada zaman pemerintahan bupati raden adipati arya tirta tanjungtirto pada tahun 1932 – 1933 masjid ini diratakan dengan tanah dan dibangun kembali dikarenakan sering tergenang banjir luapan kali atau sungai pemali.

pembongkaran ini sesuai dengan prasasti yang terdapat di bangunan utama saat ini. disebutkan masjid itu dibangun kembali diatas tanah seluas 66 666 m2 dengan di tukang kayu jati pilihan dan kondisinya ditinggikan 1 meter. meski sudah berulang kali mengalami perbaikan bangunan utama masjid agung yang terletak di bagian depan masih terjaga keasliannya. bagian kubah masjid yang berbentuk limas dari dulu hingga kini menjadi tempat penyimpanan benda pusaka daerah. diantaranya keris tombak dan senapan zaman voc.

namun dalam perkembangannya beberapa benda pusaka itu ada yang dipindahkan ke museum di semarang demi alasan keamanan masjid agung brebes sudah mengalami pemekaran tiga kali yakni pada tahun 1933, 1979 dan 2007. akan tetapi, dalam perbaikan ini bangunan lama berbentuk joglo dan kubah emas tetap dipertahankan. katanya ketemu yang nelpon indah silang di dalam masjid nampak terlihat banyak umat muslim yang melaksanakan ibadah salat di masjid ini baik masyarakat yang berada di sekitar lingkungan masjid maupun pengunjung dari luar kota.

Di masjid agung brebes ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat anda temui di sekitar masjid ini salah satunya yaitu tempat penitipan sandal atau barang berharga kemajuan sini terdapat beberapa loket tempat penitipan barang tidak ada tarif kursus ditempat ini akan tetapi disediakan kotak tempat uang untuk kami dapat memberikan uang seiklasnya. gambar kecil atau kamar mandi dalam masjid ini terdapat banyak kamar kecil atau kamar mandi sehingga kami para pengunjung tidak perlu antri dan tidak tercium bau pesing atau sampah tisu di dalam kamar kecil atau kamar mandi ini.

tempat duduk banyak keran pancuran air sehingga tidak perlu antri serta terdapat tempat duduk yang terbuat dari marmer untuk para lansia yang tidak kuat berdiri lama untuk melakukan itu yang juga terdapat cermin atau kaca besar. pelataran masjid anda dapat melihat bentangan lantai marmer putih sekelompok orang ada yang sedang tiduran untuk sejenak beristirahat karena lelah dalam perjalanan.

bangunan utama di sini terdapat dua bagian yaitu tepat bagi kaum laki-laki untuk melaksanakan ibadah seperti biasanya masjid dan terdapat tempat imam yang berserta bentangan karpet sajadah. sedangkan di sebelah kiri bangunan masjid sejajar dengan bangunan utama terdapat tempat untuk ibadah bagi kaum perempuan, tempatnya tidak sebesar yang dimiliki kaum lagi. bentangan isi aja dah serta almari tempat penyimpanan mukena tersusun dengan sangat rapi.