Usaha Budidaya Cabe Keriting yang sangat Menjanjikan

By | January 24, 2018

Usaha Budidaya Cabe Keriting yang sangat Menjanjikan

Usaha Budidaya Cabe Keriting yang sangat Menjanjikan

Cabe merah keriting merupakan salah satu komoditas yang sangat menjanjikan Jual Bibit Tanaman. terkadang pada waktu tertentu harga cabe merah keriting bisa melambung sangat tinggi. budidaya cabe merah keriting memang tidak mudah. anda harus berhadapan dengan harga yang kadang naik turun cuaca yang tidak menentu dan terkadang sangat mudah terserang hama.

terkadang biaya produksinya juga sangat tinggi. oleh karena itu anda harus menanam dan merawat cabe keriting dengan baik dan benar tanaman cabe berasal dari benua amerika yang beriklim subtropis dan tropis kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk indonesia.
tanaman cabe dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. mari kita lebih lanjut mengenai cara budidaya tanaman cabe keriting. Pertama yaitu kita harus membahas beberapa syarat tanah tumbuh tanaman cabe merah keriting ada beberapa faktor yang mempengaruhinya Jual Bibit Tanaman. jika anda memperhatikan semua faktor tersebut akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang cabe merah kering anda ada dua faktor utama yang harus sangat anda perhatikan yaitu masalah iklim dan jenis tanah di tanaman cabe merah keriting dapat tumbuh di dataran rendah maupun pegunungan sampai tingginya mencapai 2000 meter diatas permukaan laut. iklim yang sangat cocok untuk budidaya cabe adalah iklim tropis yang bersuhu lembab.

suhu yang baik sekitar 16 – 23 derajat celcius. untuk masalah tanah sebenarnya hampir semua jenis tanah bisa digunakan untuk bertanam cabe merah keriting anda bisa memilih tanah yang kaya organik gembur , tidak mudah menggenang dan tidak mudah terserang penyakit. hanya sekitar 5,5 – 6,8. selanjutnya anda harus bisa memilih bibit cabe merah keriting yang berkualitas cabe merah keriting mempunyai yang sangat banyak sekali dijumpai lokal. setiap jenis varietas mempunyai ciri tersendiri pada saat memilih bibit cabe anda harus memilih varietas yang paling cocok untuk daerah anda. anda juga bisa membeli benih cabe keriting ini di toko pertanian terdekat atau di membuatnya sendiri.

untuk jenis cabe merah hibrida lebih baik membeli di industri benih cabe yang sedang menggunakan teknologi modern. sedangkan untuk varietas lokal anda bisa membelinya di sesama petani yang sudah memilih atau menyeleksi bibit nya sendiri dari hasil panen sebelumnya. cabe merupakan benih sayuran paling laris yang ada di indonesia ini tahap selanjutnya adalah tahap pembibitan dan penyemaian. metode penyemaian bibit cabe merah keriting bisa menggunakan polybag terlebih dahulu jika anda melakukan penyemaian dengan cara ditabur takutnya ada banyak benih yang berhimpit sehingga tidak dapat digunakan dan ditanam lagi untuk membuat media penyemaian sangatlah mudah campuran tanah arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. jika anda tidak menggunakan sekam anda bisa menggunakan tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1. sebelum semua media tersebut dicampur anda harus mengajaknya terlebih dahulu supaya halus. pada tempat penyemaian anda bisa memberikan naungan supaya tidak terkena matahari langsung dan air hujan.

kalau perlu anda tutup tempat penyemaian dengan jaring pelindung dari serangga dan hama sehingga pertumbuhan bibit akan lebih efektif. sebelum disemai rendam biji cabe merah keriting terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. rendahnya minimal selama 3 jam. masukkan biji cabe tersebut ke dalam polybag dengan kedalaman 0,5 cm. bank dengan menggunakan kompos lalu beri sedikit air supaya kelembabannya terjaga. Lakukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin pada saat musim kering, anda harus melakukan penyerangan dengan lebih intens anda bisa melakukan penyiraman dengan cara menggunakan atau menggunakan gambar. jika tanaman belum begitu kuat anda harus melakukan penyiraman secara hati – hati supaya tidak merusak tanaman cabe merah keriting anda. jika menggunakan teknik penggunaan lakukan setiap 2 minggu sekali saja. pada dua minggu pertama lakukan pemeriksaan pada tanaman anda kemudian lakukan penyulaman tanaman. jika ada pertumbuhan cabe merah yang tidak normal atau mati segera dicabut dan digantikan dengan bibit cabe yang baru. Untuk Mengetahui lebih lanjut Anda bisa ke Jual Bibit Tanaman.