Cabe rawit yang sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

By | January 24, 2018

Cabe rawit yang sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

Cabe rawit yang sering Dikonsumsi Masyrakat Indonesia

Cabe rawit adalah salah satu jenis tanaman holtikultura yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai penambah selera makan. bagi anda penggemar makanan pedas, apa jadinya jika anda memasak tanpa menggunakan cabe rawit tentu rasanya ada yang kurang dan akan sedikit hambar. di artikel ini saya akan membahas beberapa cara membudidayakan pohon cabe rawit.

cara menanam cabe rawit harus memperhatikan berbagai aspek pendukung agar hasil yang didapatkan sesuai harapan. untuk skala kecil atau sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga anda cukup menggunakan metode tanaman dalam pot. untuk mengetahui cara menanam cabe rawit pada media pot yang baik dan benar di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa tips dan triknya.

Cara menanam cabe dalam pot dapat anda lakukan sendiri di halaman atau pekarangan rumah anda. caranya terbilang muda, hampir sama dengan cara menanam tomat dalam pot ataupun cara menanam sayuran dalam pot lainnya. selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga cara menanam cabe dalam pot juga dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan anda dengan menjual hasil panen tanaman cabe anda. cara menanam cabe dalam 4 juga merupakan cara penanaman bagi anda yang tinggal di kota besar di mana kesediaan untuk bercocok tanam sudah sulit maka cara menanam cabe di dalam pot atau polybag ini salah satu solusinya cara menanam cabe dalam pot dapat dilakukan bagi anda yang tinggal di dataran tinggi maupun dataran rendah yaitu dalam kisaran ketinggian 0 – 2000 meter diatas permukaan laut sedangkan suhu terbaik dalam budidaya cara menanam cabe dalam pot adalah 24 – 27 derajat celcius. berikut ini tahapan menanam cabe dalam pot yang dapat anda praktekan sendiri di rumah anda cara pertama yaitu mendapatkan bibit unggul yang nantinya akan sangat mempengaruhi hasil panen dari tanaman cabe anda. ada banyak sekali jenis cabe rawit di pasaran diantaranya varietas hibrida maupun varietas lokal.

untuk mendapatkan bibit cabe dengan kualitas unggul terbebas dari segala macam hama penyakit dan memiliki hasil panen yang melimpah merupakan beberapa syarat utama pada saat anda memilih bibit cabe. setelah bibit cabe didapat tahap selanjutnya adalah menyemaikan benih cabe tersebut. setelah bibit cabe didapat sebaiknya disampaikan terlebih dahulu sebelum ditanam di dalam media pot yang sebenarnya. hal ini bertujuan agar tanaman cabe sudah tumbuh tunas serta untuk menyeleksi beberapa jenis yang ternyata tumbuhnya kecil ataupun kurang maksimal. adapun beberapa cara menanam cabe di dalam pot yaitu siapkan polybag ukuran 8 X 9 cm koma petakan tanah dan daun pisang. Buatlah peta kan tanah yang dicampur dengan pupuk kompos hingga merata usahakan butiran tanah dapat diolah sehalus mungkin agar nantinya akar bibit yang disemai dapat menembus dengan mudah ketika mencari nutrisi ke dalam tanah. ketebalan petakan tersebut antara 5 cm – 10 cm dimasukkan ke dalam larutan kemudian ditutup dengan campuran tanah dan abu kemudian disirami dengan air secukupnya.

Tutuplah petakan tanah persemaian yang sudah ditanami cabe tersebut dengan karung goni basah hingga 3 – 4 hari. Bibit akan mulai muncul setelah umur tanam 4 hari setelah keluar ambil karung goni basah tersebut dan gantilah dengan pemasangan naungan buatan untuk melindungi bibit baru dari sengatan sinar matahari maupun derasnya air hujan cara menanam cabe dalam pot yang sebenarnya adalah setelah usia persemaian memasuki umur 4 minggu pada saat itu biasanya tanaman cabe sudah mulai berdaun hingga 3 – 14. melakukan perawatan secara berkala untuk cara menanam cabe dalam pot agar menghasilkan panen yang sempurna dilakukan pemupukan susulan rutin untuk menambah kekayaan unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabe di dalam pot tersebut biasanya dilakukan satu bulan sekali hingga masa panen tiba.